DEPERMA

DEPERMA

Jumat, 11 Mei 2012

KONTES ROBOT 2012



Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2012 segera digelar secara nasional di Bandung, Juni mendatang. Untuk mengawalinya, diadakan KRI dan KRCI regional IV bertempat di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, 11-12 Mei mendatang. Kontes robot 2012 mengambil tema “Grebeg Berkah Kedamaian dan Kesejahhteraan”. Tema itu merupakan terjemahan dari tema kontes robot internasional bertajuk “Peng On Dai Gat” yang akan diselenggarakan di Hongkong, Cina, Agustus 2012 mendatang. Tema ini merujuk pada kontes yang akan dilombakan, yaitu saling berebut keberkahan di antara sesama kontestan dengan wujud bakpao, karena tuan rumah kontes internasional adalah Cina.
Kontes kali ini akan dilombakan siapa yang paling cepat mengambil dan memindahkan bakpao dengan robot buatan peserta. Untuk KRI, menggunakan standar internasional yaitu menggunakan satu robot manual yang dikendarai manusia, dan dua robot otomatis. Siapa yang paling cepat memindahkan bakpao diatas rute dan rintangan, berhak menjadi pemenang.
Disamping divisi KRI, juga diadakan KRCI dengan 3 divisi, yaitu KRCI Beroda Robot Cerdas Pemadam Api, KRCI Berkaki Robot Cerdas Pemadam Api, KRCI Battle Robosoccer Humanoid League. Kontes di Regional IV ini akan diikuti 57 tim dengan rincian: 13 Tim KRI, 21 tim KRCI divisi beroda, 15 tim KRCI berkaki, dan 8 tim KRCI divisi KRCI Battle robosocceer humanoid league.

Tim Robot Polije
POLIJE Robot di Kontes Robot 2012Sebagai bentuk apresiasi terhadap keikutsertaan Tim Robot Polije 2012, bertempat di Ruang Sidang 2 Gedung A3 pada Kamis, 10 Mei 2012 jam 10.30 WIB telah dilakukan upacara pelepasan Tim oleh Pembantu Direktur III dan Direktur Polije. Dalam laporannya Ketua Tim bapak Nugroho Setyo Wibowo, ST, MT menyampaikan bahwa Tim Robot Polije terdiri dari 4 tim, yaitu KRI, KRCI Beroda, KRCI Berkaki dan Hummanoid. Dalam kegiatan kontes ini ke 20 anggota tim mahasiswa didampingi 3 teknisi dan 5 dosen pembimbing.
Pada kesempatan pengarahan Pembantu Direktur III, bapak Ir. Joko Irsan Sanyoto, MP menyampaikan di wilayah Regional IV yang diselenggarakan di ITS besok mempunyai tingkat persaingan yang sangat ketat dibanding dengan Regional lainnya karena di regional IV ada PT yang sudah lama menjadi langganan juara seperti ITS dan PENS. Pak Joko beliau biasa dipanggil, memberikan motivasi agar seluruh tim melipatgandakan semangat bertanding dan menjaga kestabilan emosional di lokasi pertandingan apabila melihat performance peserta dari PT lain.
Direktur bapak Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM pada kesempatan terakhir pengarahannya memberikan apresiasi semangat para mahasiswa yang telah menyiapkan robot sejak lama, semoga mampu mengukir prestasi yang membanggakan. Juga diingatkan kepada seluruh peserta untuk menjaga kesehatan dan kebugaran agar dapat mengikuti pertandingan secara maksimal serta selalu menjaga keetrtiban dan kekompakan terhadap seluruh anggota tim. Selamat bertanding semoga sukses.


REPORT: Humas POLIJE


Tidak ada komentar:

Posting Komentar