DEPERMA

DEPERMA

Minggu, 10 Juni 2012

ORIENTASI BEASISWA UNGGULAN



Kerjasama POLIJE dan RMUTTGenerasi muda adalah aset dalam pembangunan Indonesia, terutama peningkatan ekonomi dalam negara. Maka diperlukan komparasi pendidikan untuk implementasi ilmu dan penerapan sesuai bidang guna melahirkan insan-insan yang cerdas dan kompetitif ke depan.
Mengingat visi Indonesia tahun 2025 dan 2045, "Mengangkat Indonesia menjadi negara maju dan merupakan kekuatan 12 besar di dunia pada tahun 2025, dan menjadi kekuatan 8 besar di dunia pada tahun 2045 melalui perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan"
Sesuai dengan visi dan misi tersebut, Politeknik Negeri Jember menyelenggarakan Orientasi Beasiswa Unggulan Studi Lanjut Luar Negeri dengan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan KebudayaanHari Minggu, 27 Mei 2012 sebagai momentum dari pelepasan 13 mahasiswa program Joint Degree ke  Rajamanggala University of  Technology Tanyaburi Thailand (RMUTT).
Tahun 2012 ini merupakan pemberangkatan Mahasiswa Joint Degree yang ke empat kalinya Politeknik Negeri Jember mengirim mahasiswa ke Thailand. Ada peningkatan program kerjasama luar negeri pada tahun ini, yaitu dengan melakukan joint risetuntuk melengkapi peran serta Polije untuk benar-benar menuju class of international university . Hadir pada acara diantaranya Pembantu Direktur II, Saiful Anwar, SP, MP  mewakili Direktur untuk melepas secara resmi ketiga belas mahasiswa ke Thailand, ketidak hadiran Direktur karena beliau ada di Jakarta untuk menjalin MoU dengan Perguruan Tinggi China dalam rangkaian kerjasama pendidikan luar negeri yang juga difasilitasi BPKLN (Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri) Kemendikbud RI.
Pada acara Oridntasi tersebut, hadir pula Direktur LPIU, Ir. N. Bambang Eko Sulistiyono dan seorang staf BPKLN yang memaparkan Orientasi “Beasiswa Unggulan Studi Lanjut Luar Negeri” serta dihadiri Ketua-ketua Jurusan, dan para orang tua mahasiswa yang akan didelegasikan menempuh pendidikan di Thailand. Pembantu Direktur II mengatakan rasa bangga terhadap mahasiswa-mahasiswa yang merupakan pilihan dari hasil seleksi sebelumnya. Mahasiswa Program Beasiswa Unggulan mempunyai peranan penting sebagai motivator dan inisiator sehingga menjadi acuan dalam kemajuan institusi. Kontribusi yang diberikan sangatlah besar, mahasiswa-mahasiswa yang diberangkatkan selama 1 tahun ini merupakan wakil atau bisa disebut Duta dari Politeknik Negeri Jember dan duta bangsa karena akan membawa nama baik lembaga dan Negara”Indikator yang bisa difasilitasi oleh BPKLN adalah prestasi. Saiful berharap mereka yang diberangkatkan dapat lebih meningkatkan prestasi akademik dan turut mengharumkan nama bangsa. 
Sebagaimana diketahui, Polije telah 3 kali mendatangkan mahasiswa program Joint Degree, dalam kurun waktu dua bulan kedepan Polije juga kedatangan 5 mahasiswa dari RMUTT.
Acara ditutup dengan penyematan Pin Politeknik Negeri Jember oleh Pembantu Direktur II dan Direktur LPIU kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari wakil orang tua mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar