DEPERMA

DEPERMA

Kamis, 29 Maret 2012

UKM KOPMA Polije adakan Seminar Perkoperasian se-Karisidenan Besuki




Upaya penanggulangan kemiskinan tidak terlepas dari penciptaan stabilitas ekonomi, perluasan kesempatan kerja, dan peningkatan pendapatan masyarakat. Secara global, upaya menanggulangi kemiskinan telah memperoleh momentum dan toleransi masyarakat global dengan disepakatinya tujuan Millenium Development Goals (MDGs). Hal ini tentu menjadi tanggungjawab bersama, yang merupakan kewajiban moral dan menjadi amanat konstitusi dimana dalam implementasinya tidak hanya ditangani oleh pemerintah namun melibatkan seluruh elemen bangsa ini. Dalam kaitan dengan peningkatan kesempatan kerja dan berusaha, maka pemenuhan terhadap hak atas pekerjaan tersebut secara langsung atau tidak langsung dipengaruhi salah satunya oleh kebijakan pengembangan Koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah, disamping juga sektor riil dan perdagangan. Pengembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) memiliki potensi yang besar. 

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), KOPMA Politeknik Negeri Jember pada hari Sabtu, 17 Maret 2012 kemarin mengadakan Seminar Perkoperasian se-Karisidenan Besuki dengan tema Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan dengan Asas Koperasi Untuk Mencapai Masyarakat Yang Lebih Sejahtera”
Peserta diantaranya Pengurus Dewan Permusyawaratn Mahasiswa Politeknik Negeri Jember, Mahasiswa Politeknik Negeri Jember, Pengurus UKM dab UKMJ,  Perwakilan SMA/SMK  Se-Karisidenan Besuki, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Se-Karisidenan Besuki,  dan Anggota aktif  Koperasi Mahasiswa Politeknik Negeri Jember.

Dengan pemberian 3 materi, dari masing-masing pemateri yaitu:



Pemateri 1 (Peran serta koperasi sebagai asas ekonomi kerakyatan yang bersifat gotong-royong)
Dra. Anna Eko Prapti ,M.M     
Dinas Koperasi Jawa Timur
Pemateri 2 (Kurangnya relevansi modal terhadap perkembangan koperasi pertanian di daerah Jember)
Edy Suryanto, ST. 
Praktisi koperasi pertanian hortikultura di Wuluhan Jember.
Pemateri 3 
(Koperasi sebagai jembatan untuk menuju asas gotong royong demi terciptanya Ekonomi Rakyat Jember
Lukman,Ss  
Wakil Ketua DPRD Jember

Maksud diadakannya seminar ini agar dapat memfasilitasi peserta dalam memahami tentang Manajemen dan sistematika Kinerja/Kerja Koperasi, Manajemen Permodalan dan Keuangan dan Peran Koperasi dalam Ekonomi Kerakyatan. Sehingga para peserta mempunyai jiwa entrepeneur tinggi dan peduli terhadap perkembangan perekonomian dalam negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar