DEPERMA

DEPERMA

Minggu, 10 Juni 2012

KIRAB KREASI SENI ANAK BANGSA



Direktur POLIJE Menaiki Reog PonorogoRevitalisasi Nilai Luhur Pancasila
Pancasila merupakan pondasi yang paling mendasar bangsa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peringatan Hari lahir Pancasila pada 1 Juni merupakan momentum penting untuk penegasan kembali komitmen bangsa Indonesia pada Pancasila. Penegasan Pancasila merupakan langkah strategis karena dengan sendirinya hal itu merupakan penegasan pada UUD 1945 dan komitmen untuk mejaga keutuhan NKRI baik secara geografis, politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta merupakan penegasan semangat Bhinneka Tunggal Ika sebagai pilar bangsa. Pancasila jangan hanya dipahami secara instrumen sebagai alat pemersatu bangsa belaka, akan tetapi harus dipahami secara substansi, sumber tata nilai yang merupakan falsafah berbangsa dan bernegara.
Bangsa Indonesia jangan terjebak dengan polemik tentang kepastian waktu lahirnya Pancasila. Karena polemik ini sangat membahayakan dan mengaburkan nilai dan ideologi Pancasila. Disamping itu lemahnya pemahaman dan praktek terhadap Pancasila, dapat memunculkan ideologi-ideologi lain seperti kapitalisme, liberalisme, radikalisme dan lain sebagainya, oleh karena itu, pembumian Pancasila mau tidak mau harus diberikan porsi lebih terhadap pendidikan yang menonjolkan pada aspek pembangunan karakter, menghargai keterbukaan, dan mengakomodir nilai-nilai kebhinnekaan dan nasionalisme.
Kirab Kreasi Seni Anak Bangsa
Dalam salah satu kegiatan untuk merevitalisasi nilai luhur Pancasila sebagai wujud memperingati hari kelahiran Pancasila, maka pada Jum’at, 1 Juni 2012 atas kerjasama antara Politeknik Negeri Jember dan Universitas Jember telah dilaksanakan kirab budaya yang diberi judul “Kirab Kreasi Seni Anak Bangsa”.
Kirab dimulai dari GOR Perjuangan 45 Politeknik Negeri Jember melalui jalan Mastrip dan jalan Kalimantan serta finish di depan pintu masuk Universitas Jember. Sepanjang perjalanan peserta kirab mendapatkan perhatian dari masyarakat yang antusias melihat dengan anggota keluarganya, sehingga membuat pemakai jalan lainnya harus merayap. Peserta kirab di ikuti oleh beberapa UKM dari Polije dan Unej serta masyarakat sekitar kampus. Kirab diawali oleh Marching Band Polije, Resimen Mahasiswa (Menwa) Polije, Marching Band SMP Negeri 1 Jember, Pencak Silat Polije, Teater Bhineka Unej, Seni Reog Ponorogo Unej serta kesenian Can Macanan Kaduk.
Di akhir kirab setiap peserta melakukan unjuk kreasi dihadapan panggung undangan VIP yang dihadiri Direktur Politeknik Negeri Jember Bapak Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM dan Rektor Universitas Jember Bapak Drs. Moch. Hasan, M.Sc, Ph.D serta beberapa pejabat terkait dari kedua belah PTN
Kirab POLIJE 2012 Pencak Silat pada Acara Kirab POLIJE 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar