DEPERMA

DEPERMA

Senin, 28 Januari 2013

SINERGI 2 Energi Terbarukan dan Musyawarah Nasional Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Energi Indonesia



Urgensi pemanfaatan energi baru terbarukan dan konservasi energi sebagai energi masa depan yang rendah emisi, aman, ramah lingkungan dan berkelanjutan serta mampu mensubtitusi energy fosil menjadi harapan Indonesia yang lebih baik untuk masa depan mendatang. Kegiatan SINERGI 2 yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Teknik Energi Terbarukan Polireknik Negeri Jember yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Energi Indonesia pada Hari Sabtu, 15 Desember 2012 kemarin menjadi latar belakang diadakannya seminar ini. Kegiatan Seminar Nasional Energi 2 atau disingkat SINERGI 2 Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Tahun 2012 dengan tema “Optimalisasi Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi sebagai Upaya Preventif terhadap Krisis Energi Nasional” Jumlah peserta yang hadir yaitu 206 orang, yang terbagi dalam Umum dan Mahasiswa/Pelajar. Dan presentase peserta di dominasi oleh mahasiswa.
SINERGI 2 merupakan edisi kedua dari kegiatan serupa yang telah terselenggara tahun lalu. Yang pada tahun lalu terselenggara pada tanggal 26 April 2011 dengan fokus ruang lingkup seminar mengenai prospek pengembangan energi baru terbarukan dan konservasi energi. Hadir dalam acara tersebut mewakili Direktur yaitu Bpk Pembantu Direktur II yaitu Bpk.Syaiful Anwar,S.TP,MP, serta Ketua Jurusan, dan Dosen Pembimbing se Politeknik Negeri Jember.
Dan hadir pula para  pemateri dalam Seminar ini, Staff Ahli bidang Energi Kementrerian Riset dan Teknologi RI, Dr. M. Nurhada, Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Ir. Chayun Budiono, Rer.Nat, Praktisi dan Pelaku Industri di bidang Energi Terbarukan, dan Wendy Triadji Nugroho, ST, MT, M.Sc.Tech.,Politeknik Negeri Jember. Selang sehari setelah kegiatan seminar, diadakan Musyawarah Nasional ke-2 Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Energi se-Indonesia, yaitu Musyawarah Nasional FKMTEI yang diikuti oleh para delegasi dari Politeknik se-Indonesia, antara lain Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Akamigas Palembang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Ujung Pandang. Puncak acara diisi dengan memperlihatkan karya Mobil Tata surya kreasi Mahasiswa Terbarukan Polije.
“Semoga diawali dengan kegiatan ini, menjadi kesadaran bersama agar mampu memberikan sumbangsih dan andil yang besar terhadap kemajuan energi tanah air, dan yakin bahwa generasi ini dapat membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik, menjadi Negara maju yang sejahtera, tenteram, bermartabat dan tentunya mandiri energi” ujar Ketua Panitia, Jimmy. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar